Mengenal Penyakit Rematik - mysenzo
News Update
Loading...

Tuesday, August 13, 2019

Mengenal Penyakit Rematik

Ilustrasi Rematik
Ilustrasi Rematik/NutrisainsCom

Rematik adalah penyakit yang menimbulkan rasa sakit akibat otot atau persendian yang mengalami peradangan dan pembengkakan. Rematik terdiri atas berbagai jenis dan bisa menjangkiti persendian mana pun pada tubuh.

Penyebab Rematik

1. Sistem autoimun tubuh menurun. ​ 

Sistem imun yang keliru menyerang jaringan sehat di sekitar sendi menyebabkan lapisan tipis sel, alias synovium, menutupi persendian menyebabkan sendi meradang dan bengkak. Synovium juga melepaskan bahan kimia yang akan merusak tulang rawan dan tulang dalam sendi Anda. Jika kondisi ini terus dibiarkan tanpa pengobatan yang tepat, synovium dapat menyebabkan sendi kehilangan bentuknya dan pada akhirnya menghancurkan sendi Anda sepenuhnya.

2. Berat badan berlebih (Obesitas)

​ Orang yang memiliki berat badan berlebih (obesitas) lebih rentan terkena berbagai macam penyakit, salah satunya penyakit radang sendi. Perlu diketahui, sendi seperti lutut dan pinggul bekerja untuk menopang berat badan. Sendi di bagian ini akan merasakan tekanan lebih besar ketika seseorang sedang beraktivitas. Obesitas bisa menyebabkan sakit atau radang pada sendi karena adanya beban atau tekanan berlebihan yang harus ditahan oleh sendi. ​

3. Faktor Lingkungan.

​ Faktor lingkungan bisa membuat seseorang terkena reumatoid artritis karena berhubungan dengan kekuatan daya tahan tubuh. Faktor lingkungan bisa memicu infeksi oleh virus atau bakteri pada individu yang lemah secara genetik. Hal ini menyebabkan sistem kekebalan tubuh salah arah dan menyerang tubuh sendiri, sehingga terjadi peradangan sendi. Beberapa hal yang diduga menjadi pemicu yakni terkena paparan mineral silika dan penyakit periodontal kronis bisa meningkatkan risiko terkena reumatoid artritis. ​

4. Genetika.

​ Penyebab rematik selanjutnya yakni karena keturunan. Bila kamu memiliki keluarga yang mengidap reumatoid artritis, bisa meningkatkan risiko seseorang untuk terkena penyakit ini juga. . ​

5. Jenis kelamin.

​​ Lebih banyak dialami oleh wanita dibandingkan pria. Hal ini karena wanita memiliki hormon estrogen. Hormon ini bisa menimbulkan sistem imun yang tidak baik. Auto-imun sendiri adalah kondisi di mana sistem imun salah mengenali dan menyerang jaringan tubuh sendiri. Sehingga imun yang seharusnya bertugas melindungi tubuh, malah menyerang balik, termasuk menyerang sendi.

Solusi

Menjaga Berat Badan

Menjaga berat badan ideal adalah salah satu langkah bijaksana untuk mengurangi nyeri di sendi lutut. Setiap kelebihan berat badan membebani sendi lutut serta panggul, dan menambah rasa nyeri karena rematik. Selain itu bobot tubuh berlebih memperbesar risiko asam urat.

Olahraga Ringan

Pengobatan rematik selanjutnya melakukan olahraga ringan seperti jalan kaki yang bermanfaat untuk penderita rematik karena asam urat. Manfaat jalan kaki dapat membakar kalori, memperkuat otot dan membangun tulang yang kuat tanpa mengganggu persendian yang sakit.

Minum Rebusan Jahe

Gunakan beberapa ruas jahe yang sudah dibersihkan, kemudian seduh dengan air panas dan tambahkan 1 sendok madu. Ramuan jahe hangat ini akan meredakan nyeri karena sifatnya hangat untuk persedian dan tulang. Ramuan ini sangat baik dikonsumsi setiap hari sampai rematik sembuh.

Cara Praktis

Nah Tahukah Kamu, Ada Solusi Praktis & Alami Tanpa Bahan-Bahan Kimia Yang Bisa Membantu Mengatasi Masalah Rematik Dalam Waktu 1-2 Hari ?
 
Citronella Essential Oil
Berikut info lebih lengkap tentang rematik & Essenzo Citronella Essential Oil.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done