Manfaat Ketumbar untuk Jantung dan Kolesterol - mysenzo
News Update
Loading...

Saturday, August 24, 2019

Manfaat Ketumbar untuk Jantung dan Kolesterol

Biji Ketumbar - doktersehat
Ketumbar adalah rempah yang sering kali digunakan sebagai bumbu dapur atau untuk memasak. Tidak hanya digunakan sebagai bumbu, ternyata ketumbar juga punya berbagai manfaat untuk kesehatan, terutama jantung dan kolesterol lho. Apa sajakah manfaat ketumbar untuk jantung dan kolesterol itu?

Manfaat Ketumbar untuk Jantung

Salah satu manfaat ketumbar untuk jantung ialah dapat menghambat agregasi trombosit yaitu penggumpalan keping-keping darah sehingga menimbulkan bekuan darah. Saat arteri mengalami agregasi trombosit, hal ini akan menyebabkan sumbatan dan gangguan aliran darah ke jantung yang pada akhirnya akan memicu serangan jantung. Ketumbar memiliki manfaat untuk menghambat agregasi tersebut.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, ketumbar juga bermanfaat untuk mencegah risiko komplikasi kadiovaskular. Memasukkan ketumbar dalam menu harian Kamu dapat mengurangi risiko komplikasi kardiovaskular yang terkait dengan prediabetes, diabetes tipe 2, dan sindrom metabolik. 

Lalu, Apa Manfaat Ketumbar untuk Kolesterol?

Tidak hanya bermanfaat untuk jantung, secara khusus ada manfaat ketumbar untuk kolesterol. Hal ini dibuktikan berdasarkan penelitian yang hasilnya menunjukkan bahwa ketumbar dapat menurunkan kolesterol total dan trigliserda, serta meningkatkan kadar kolesterol baik. 

Meski memiliki berbagai manfaat untuk jantung, kolesterol, atau manfaat kesehatan lainnya, namun perlu diingat bahwa ketumbar bisa saja memiliki efek samping bagi beberapa orang. Beberapa orang mungkin alergi dengan ketumbar dan jika mengonsumsinya akan memicu reaksi alergi, seperti mata, mulut, tenggorokan yang gatal hingga demam. 

sumber: guesehat

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done